prediksi pernikahan dengan rumus matematika

Image

 

ternyata kuliah di matematika banyak juga lho untungnya, bisa bikin penelitian yang seru contohnya kayak gini ngitung prediksi umur pernikahan, gue udah nyoba ngitung, dan jawaban umurnya yaitu 23 hohoho

 

Meski pepatah mengatakan jodoh di tangan Tuhan, namun peneliti mencoba memprediksi kapan jodoh itu datang melalui sebuah rumus matematika. Menurut peneliti, usia menikah yang tepat merupakan salah satu faktor yang menentukan bagus atau tidaknya keturunan.

Rumus yang dikembangkan oleh peneliti dan pakar statistik dari University of New South Wales diklaim bisa memprediksi usia ideal kapan seseorang akan atau harusnya menikah. Dengan mengetahui pada usia berapa idealnya seseorang menikah, peneliti berharap setiap orang bisa mempersiapkan dirinya lebih baik lagi menuju pernikahan.

“Menerapkan ilmu matematika untuk memprediksi usia pernikahan memang tidak mudah, banyak faktor yang harus dipertimbangkan di dalamnya. Tapi jika Anda sudah ingin menikah, rumus ini mungkin berguna untuk memantapkan keinginan itu,” ujar Prof Tony Dooley dari NSW School of Mathematics and Statistics seperti dilansir Telegraph, Sabtu (13/2/2010).
Persamaan aljabar tersebut menurut para ilmuwan adalah rumus yang bisa menuntun seseorang pada cinta dan kebahagiaan yang sempurna. Meski banyak yang meragukan hal itu namun peneliti mengklaim rumus tersebut memiliki tingkat kesuksesan dan keakuratan sekitar 40 persen.

Peneliti mengembangkan rumus itu setelah melakukan survei dan analisis panjang terhadap beberapa orang. Beberapa faktor yang dijadikan pertimbangan adalah kemampuan finansial individu, riwayat kesehatan dan faktor genetik.

Beberapa studi sebelumnya menyebutkan bahwa kecocokan antar pasangan bisa ditentukan dari faktor aroma tubuh yang ternyata merupakan cerminan dari genetik seseorang. Studi itu menyimpulkan bahwa seseorang akan lebih tertarik pada orang yang memiliki gen yang berbeda signifikan dengan dirinya sendiri.

“Aroma tubuh sangat mempengaruhi ketertarikan seseorang. Pasangan dengan gen yang berlawanan ternyata adalah pasangan yang ideal dan cocok. Mereka juga cenderung memiliki keturunan yang sehat, kuat dan unggul,” tutur Prof Tony.

Namun kali ini peneliti bukan ingin menentukan pasangan ideal, melainkan usia ideal menikah. Berikut langkah-langkah yang telah disederhanakan dari rumus tersebut:

  1. Tentukan usia paling tua jika Anda harus menikah (target maksimal menikah), misalnya 39 tahun.
  2. Tentukan usia paling muda saat Anda berpikir seorang pacar/kekasih adalah orang yang cocok untuk dijadikan pasangan hidup, misalnya 20 tahun.
  3. Kurangi angka tertinggi dengan angka terendah kemudian kalikan dengan 0,368. Misal 39 – 20 X 0,368 = 6,992 (dibulatkan menjadi 7)
  4. Tambahkan hasil tadi dengan usia paling rendah saat berpikir punya kekasih (20 tahun).

Jadi, usia ideal Anda menikah adalah 20 + 7= 27 tahun. Rumus yang dibuat peneliti ini memang tidak selamanya tepat, namun setidaknya membantu seseorang untuk bisa mempersiapkan diri menuju pernikahan dan dianggap merupakan usia ideal jika ingin memiliki keturunan yang baik (di luar faktor lingkungan).

Beberapa studi sebelumnya sudah menyebutkan bahwa lebih cepat menikah akan lebih baik bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Menikah di usia tua (35-40 tahun) diketahui meningkatkan risiko penyakit kanker payudara untuk wanita dan kanker prostat untuk pria. Namun menikah terlalu dini (di bawah 17 tahun) juga tidak baik.

 

sumber : http://terselubung.blogspot.com/2010/02/prediksi-umur-pernikahan-dengan-rumus.html 

cita citaaaaa

gue mau nulis cita2 gue ajadeh, gini ceritanyaaaaa…..

seperti yg udah gue tulis di post sebelum2nya, gue itu suka mtk sama dunia pastry. nah mau gabungin di cita2 gue, jadi gini sekarang alhamdulillah gue udah masuk di jurusan tercinta yaitu MATEMATIKA. walaupun gak tau knp skrg gue jadi males sama kalkulus, soalnya nh yah tiap pelajaran kalkulus gue selalu ngeliatin jam dan rasanya tuh jam gue gak gerak2, gue hanya bisa berdoa semoga pelajarannya cepet selesai :’) balik lg ke topik, sebenci2nya gue ama kalkulus tetep aja itu pilihan gue jd harus gue jalanin deh. cita2 gue yg pertama yaitu :

1. lulus

Image

Nah cita2 gue setelah lulus itu gue mau kerja di perbankan atau perminyakan. Lebih spesifiknya gue mau kerja di BI atau di chefron untuk mengamalkan ilmu matematika gue, walopun papa nyuruh gue lanjut kuliah S2 tp gk tau knp gue gk tertarik S2. insyaAllah kurang lebih harapan gue lulus di umur 22, semoga gue kuliah gak lebih dari 4 tahun aamiinn…. nah gue kerja di salah satu perusahaan itu, kira2 gue kerja 2 tahun lah.

2. nikah

WeddingCartoon2

 

Setelah itu umur gue 24 tahun, nah ini target yg ditunggu2 yaitu nikaaaah! Yyyyeeeee!!!!!!!! Nikah sama orang pilihan gue pastinya 🙂 nah kan gue udah nikah tuh ceritanya abis nikah gue masih mau tetep kerja kok sekitar setahunan lah. Abis itu kan gue punya anak ceritanya, nah setelah punya anak gue memutuskan untuk berhenti kerja abis itu suami gue aja deh yg kerja, gue ngurus anak aja dirumah.

3. bikin private mtk

private-nyc-math-tutor2

 

gue berhenti kerja di orang karna gue pgn punya usaha sendiri, karna gue lulusan mtk sayang dong kalo ilmunya gak disebar. Gue mau buka private mtk untuk anak sd gitu, jadi misalnya ada 3 orang anak sd kerumah gue sore2 terus gua ajarin mtk deh. Ya lumayan lah buat nambah2 pengahsilan, itu Cuma kerja sambilannya karna bisnis utama gue yaituuuu

 

4. bisnis kue

chef

 

kerja utamanya yaituuuuuu bisnis kue. Iya gue terinspirasi bgt skrg byk yg pembisnis kue yang sukses, rencana gue sih mau bisnis kue online. Knp online? Karna kalo buka toko sayang modalnya, belum nyewa atu beli tokonya kan mahal. Sedangkan kalo online kan enak, bisa di delivery atau diambil langsung, terus bisa request juga mau kuenya kayak apaaaa. Udah gak sabar deh pgn bisnis kyk gini, seru bgt kayaknya.

 

5. punya kuda

black_horse_wallpaper_1440x900

 

Sama satu lg, kalo gue udh berkeluarga gue pgn punya rumah yg sederhana aja tp halamannya gede soalnya gue mau melihara kuda, gue terinspirasi pgn punya kuda karena………….. adedeh hehehe. Jd kalo lg bete gue bisa bermain bersama kuda dan anak2 gue.

 

6. naik haji

naik haji

 

Yg pasti gue jg pgn nanti naik haji, terus bisa umroh sama keluarga gue. Pokoknya mah Cuma berharap mimpi2 gue jd kenyataan aamiin.

 

 

 

 

Yg diatas tadi itu Cuma sekedar harapan, yg nentuin tetep Allah, kita Cuma bisa berharap dan ngejalaninnya aja. Tp yakin, pasti Allah bakal ngasih jalan terbaik ke kita 🙂

 

temen kuliah

awal masuk unpad masih rada gak betah gara2 belum punya temen deket, apalgi di jurusan mtk sendiri bener2 belum ada yg kenal deh satupun. sampe akhirnya waktu itu ada mipa bersatu yg pertama kalinya. kenalan sama temen2 di mipa, dapet kelompok 17. di kelompok itu anak mtk cuma ada 2 orang yaitu gue dan widya, ini dia orangnya

Image

si widya ini asalnya ada dari solok, daerah terpelosok di sumbar. logat minangnya masih kentel bgt, walopun gue ngerti bahasa padang tp dia kalo ngomong suka cepet2 bikin gue gak ngerti. dia orangnya rada pendiem, gue kira dia kalem eh ternyata waktu itu foto bareng sama yg lain dia paling narsis bgt!! dgn gaya khasnya di foto, jari kanannya ditaro dideket mulut, lalu mulutnya di manyunkan full, dan mata sebelahnya ditutup dan sebelahnya lagi dibuka. kyak gini bentuknya

Image

iya dia hampir semua foto selalu berpose kayak gini, gue sama temen2 yg lain pernah nyoba ngikutin posenya dia, tp hasil pose dari kita semua kurang maksimal, hanya widya ahlinya.

setelah mipa bersatu besoknya goh, kita dipertemukan antara maba matematika unpad dengan senior2. lalu dibentuklah kelompok, gue kebagian kelompok 8, di kelompok itu ada gue, elga, agnes, legin, endah, mawaddah dan puput. pertama gue kenal agnes, ternyata dia satu dosen wali sama gue, pertama kali gue liat dia kayak preman, ini orangnya

Image

 

orangnya rada tomboy, setiap hari kalo kuliah pasti datengnya telat mulu. Padahal rata2 tiap mata kuliah boleh dateng paling telat 15 menit abis pelajaran dimulai, tp kalo agnes pasti sering telat lewat dari 15 menit, pas masuk kelas main masuk aja dgn tampang yg biasa aja tanpa ada rasa berdosa. Kalo ketawa suka ngakak bgt, demen sama pablo

 

Abis itu ada legin, awalnya gue paling deket sama dia. Soalnya dia dari bekasi jd byk yg sama2 kita kenal. Byk yg bilang kita mirip, gue jg gk tau knp kita sering dibilang mirip yg jelas gue tau si legin pasti seneng bgt dibilang mirip gue.. dia orangnya gitu deh demen bgt ngemutin es batu.. oh iya skrg dia pacaran sm senior, smg dia gk knp2 deh. nih si anisa legina

leg

 

 

 

Terus ada puput, dia dari bukittinggi padang. Dia yg paling bocah diantara kita org anak 96.. kelakuannya masih kyk bocah bgt, childish gitu, kemana2 pasti pake lipgloss. Kalo kuliah matanya bengkak gitu pasti dia kemarennya abis nangis, palingan gara2 berantem ama pacarnya. Tp dia anaknya rajin gitu, walopun bocah tp dia suka ngasih nasehat kyk org dewasa gitu terus dia perhatian, terus kalo jalan sama dia pasti dirangkul mulu deh, terus demen bgt pedes, kadang sambel aja dibilang manis. oh iya si put ini gk pernah ngmg pale elo gua, dia nyebut dirinya sendiri ‘put’. kyk gini nih

put

 

 

Terus ada forman, nih orangnya

forman1

dia orgnya gitu deh. Gue aja masih ragu dia orang apa bukan. Orangnya heboh bgt, gk bisa diem, suaranya gede, kelakuannya suka kayak bocah, tp kalo udh ngomong omongannya bisa jauh kemana2, kalo udh ngomong sama dia obrolannya bisa melampaui batas umur dah. Dia orangnya demen foto2 deh, suka ngedit foto. Ini salah satu foto khasnya suka ngangkat tangan mamerin keteknya

forman

 

 

Ada citra nh, waktu itu gue kenal dia pas lg ada acara bulan puasa. Gue gak pny temen satupun yg deket, trs ada citra dan gue nempel2 ke dia berharap dia mau temenan ama gue. Pas jalan pulang bareng dia dan kita ngobrol2 dia jg dr bekasi. Dia orangnya baik kok, trs dia jg sering telat lho tiap hari kyk agnes. Dia jg mirip bgt sm adeknya. nh orangnya

citra

 

 

Trs ada dati, awalnya gk kenal karna pas awal masuk dia absen gara2 sakit trs lama2 jd kenal deh gara2 dia deket sm forman, dati suka bgt patrick. Dati orangnya rajin, terus suka bobo di kelas soalnya katanya dia kalo malem susah tidur. Terus dia suka misscom sama kita gara2 sering telponan ama cowonya. Tp dati orangnya dewasa, keibuan dan pengertian, orangnya suka heboh juga rada2 gitu. Kadang kalo ketawa ngakak dia suka nangis

dati

 

 

 

Terus ada beverly, awal kenal tampangnya jutek bgt tp ternyata emang bener -_- baru kali ini ketemu temen serajin dia, udh rajin aktif lg, kalo ada soal di papan tulis pasti dia sering maju buat ngerjain, tiap tugas gk ada yg kelewat. Ampun deh.. dia jarang main sama kita2 kalo pulang kuliah tapinya. Terus tampangnya galak, apalgi kalo lg perkenalan gitu dia nyebutin “nama BEVERLY npm 52” dgn suaranya yg cetar membahana. Gk kebayang kalo dia jadi jurdat. Dia jg rada tomboy, males pake rok, baru2 ini dia pake flarshoes, dompetnya aja kyk bocah

bev

 

 

 

Ini yg terakhir rahma, kyknya dia yg paling bener diantara kita2. Rahma beda kelas sama kita, tp gue jadi deket karna dia sekosan sama dati ama forman. Dia kadang suka dipanggil raisa, oh iya rahma suka nyanyi sama kayak citra. Dia alim orangnya, baik, walopun tampangnya agak jutek. Dia sering bgt pake rok kyk cewe deh

rahma

 

 

 

 

nah itu temen2 gue ber9, ditambah gue jdi 10 :))

kesukaan

mau ngeshare kesukaan gue ahh… dari kecil suka banget2an sama doraemon ampe skrg, pokoknya gak pernah suka yang lain deh selain doraemon. isi kamar gue semuanya doraemon, soalnya doraemon itu lucu, bisa ngebuat hal yang gak mungkin jadi mungkin. jadi sering ngebayangin punya doraemon. tiap hari minggu jam 8 pagi pasti gua udah nongkrong depan tv buat nonton doraemon. semua seri komik dari 1-45 gue masih simpen semua, pokoknya apa aja tetang doraemon insyaAllah gue punya deh.

Image

itu salah satu koleksi di meja gue dan masih banyak lagiiiiii…. terus sejak sd suka bgt nntn acara masak2an, apalgi kalo masak kue.. dari sd udah sering bikin kue asal2an sama temen2. pas smp jadi suka masak deh walaupun sbnrnya gue gak bisa masak, masak air aja gosong.. terus masuk2 sma gue makin suka sama kuliner ditambaha ada acara ala chef yang chefnya sendiri itu farah quin, sumpah dia cantik bgt, udah cantik, ramah, bisa masak lg ah pokoknya terinspirasi sama dia deh, ngefans bgt!

Image

sejak ada acara itu tiap weekend gak pernah lepas nnton ala chef, tiap dia masak pasti gua catet resepnya terus abis itu suka bereksperimen sendiri deh tentang masakan. seru aja kalo masak walopun gue gak pernah masak yg ribet2 bgt, palingan masak nugget bikinan sendiri. dulu gue kalo bikin nugget porsinya banyak supaya mama gak beli nugget yg dipasaran karna itu gk sehat. ampe waktu itu temennya mama nyobain nugget bikinan gue terus dia mesen, sempet kepikiran mau bisnis nugget udh direstuin sama mama tp karna gue sibuk sekolah jadinya gk jadi deh.. tp gue paling suka tuh tentang kue, paling gue bikin kue bolu, cookies, terakhir gue bikin rainbow cake buat ultah pacar gue

Image

iya itu terakhir kalinya gue bikin kue bulan juni kemaren, karna abis itu gue udah sibuk ngurus kuliah dan akhirnya gue ngekos buat kuliah, gaka ada waktu buat masak2 lagi. gue selalu makan diluar..

terus gue juga suka nari, walopun badan gue gak luwes bgt. awalnya pas masuk sma gue ngambil ekskul traditional dance, disana kita belajar nari, nari saman, piring, serampang dll. awalnya masuk ekskul itu gara2 iseng tp jd cinta beneran deh terutama sama saman. pas masuk kuliah gue nyari kkm atau ukm yg ada samannya tp kok gue liat gak ada. semoga nnti di kepengurusan yg baru terbentuk kkm saman di himatika fmipa unpad 😀

Image

nah ini nih yg paling2. sejak smp gue suka sama matematika!! gue jg gak tau knp gue suka mtk, kayaknya gue khilaf.. pas sma alhamdulillah nilai mtk gue bagus2, terus pas udah kelas 12 gue bingung mau masuk jurusan apa. byk bgt yg pgn dokter, untung gue gk minat sm sekali kedokteran karna gue alergi bgt sama pelajaran biologi. byk juga yg minat dkv, teknik, desain, tp gue gak bisa gambar, gambar titik aja gak bulet. karna gue demen mtk jd gue pgn masuk mtk, awalnya papa mama ngiranya gue cuma becanda mau mtk abis pikiran mereka pasti masuk mtk paling ujung2nya jadi guru. padahal gua mah jadi apa aja juga gapapa asal berhubungan sama mtk, gua disuruh masuk ekonomi ama papa tapi gua males belajar ips lagi buat tes snmptn. akhirnya gue ngeyakinin papa mama kalo mtk tuh prospek kerjanya banyak dan akhirnya masuk deh gue di mtk unpad!!!

Image

 

dadaaaah :*